Rabu, 13 Maret 2013

"TENTANG JERAWAT NICH TEMAN"

Secara medis jerawat disebut Acne rosasea. Acne rosasea merupakan sebuah keadaan yang secara medis ditandai dengan munculnya titik-titik kemerahan yang diakibatkan berbagai faktor, seperti hormon dan lingkungan. Acne rosasea hanya terjadi pada wajah, khususnya daerah di sekitar pipi, dagu dan dahi. Orang Indonesia kemudian mengenal kondisi Acne rosasea sebagai jerawat.

Pigmen bukanlah sesuatu yang sangat penting untuk diperangi, kita khususnya kaum hawa tidak begitu mementingkan warna kulit, karena justru hitam merupakan warna yang cukup eksotis jika diaplikasikan terhadap wajah halus feminisme. Apalagi setelah maraknya invasi dari artis-artis hollywood berdarah hispanik yang terkesan lebih seksi, natural dan eksotis, sebut saja beyonce, Jennifer Lopez, Eva Longoria dan lainnya. yang trepenting adalah kulit wajah kita bersih, tanpa noda, tanpa flek dan tanpa jerawat. Hal inilah yang menyebabkan artikel tentang Jenis Jerawat dan Cara Mudah Mengatasinya lebih urgen. Untuk menjawab urgensi tersebutlah BeritaRemaja.Com menghadirkan informasinya. Dalam ilmu kedokteran, jerawat diklasifikasikan dalam 8 macam, yaitu :

Cara Mengatasi Jerawat
  • Komedo Tertutup (white-head)
Komedo merupakan bentuk paling sederhana dari jerawat. Komedo hanya berupa penymbatan zat-zat asing yang terjadi pada kulit wajah, tanpa disertai infeksi bakteri. Penampang komedo tampak putih, seperti ada gumpalan nasi di dalamnya. Komedo memiliki kurun waktu tersendiri. Ketika permukaan luarnya sudah kering, komedo akan menghilang secara otomatis jika digosok hanya menggunakan tangan terbuka. Yang mempengaruhi munculnya komedo tertutup adalah kebiasaan malas membersihkan wajah setelah bepergian maupun setelah bermake-up, sehingga sisa-sisa debu dan bekas make-up akan tertinggal di pori-pori dalam kurun waktu yang cukup lama, dan menimbulkan gumpalan.
Cara mengatasi : 
Untuk tipe komedo seperti ini, cara mengatasinya terbilang sangat mudah. Kalian hanya perlu membasuh wajah baik setelah bepergian maupun setelah mengenakan make-up, tentunya dengan bahan-bahan pembersih muka yang sesuai dengan tipe wajah. Lakukan sesegera mungkin, sebelum zat-zat berbahaya tersebut terlanjur mengendap di pori-pori wajah. Setelah dibersihkan, balurkan whitening baik alami maupun fabricated ke seluruh permukaan wajah. Kemudian istirahat-lah sejenak sebelum melakukan aktifitas selanjytnya.
  • Komedo Terbuka (Black-Head)
Komedo terbuka merupakan akibat dari komedo tertutup yang terinfeksi bakteri. Ketika wajah kita berkomedo, gumpalan-gumpalan kotoran yang membentuk komedo tersebut akan membentuk sebuah lapisan tipis. Lapisan tipis tersebut akan terbuka jika tergores. Lapisan yang terbuka otomatis akan mengundang bakteri-bakteri yang berterbangan di udara hinggap di komedo dan menginfeksi kulit wajah. Setelah infeksi, komedo biasanya akan mengalami perubahan warna, dari yang tadu=inya putih bersih menjadi hitam kekuningan. Kemudian anda akan merasakan sedikit perih.
Cara mengatasi :
Sama seperti komedo tertutup, anda hanya perlu menjaga kebersihan tangan anda sebelum menyentuh permukaan wajah, karena bakteri yang terdapat dalam tangan akan memperparah infeksi pada penampang komedo. Selain itu, hal ini lebih rumit dilakukan karena permukaan terbuka tersebut akan lebih sensitif terhadap rangsang baik berupa sentuhan maupun hanya semilir angin. Sehingga, apabila anda hendak membersihkannya, anda perlu menjaga tangan anda untuk tidak terlalu keras menyentuh penmanpang komedo. hindarkan pembersih wajah yang berbahan dasar jeruk nipis, karena zat asam yang terkandung pada ekstrak jeruk hanya akan memperparah komedo anda.
  • Papula
Jenis Jerawat yang berikutnya adalah papula. Papula merupakan kelanjutan dari komedo terbuka yang tidak di obati dalam kurun waktu tertentu. Papula berbentuk benjolan besar berwarna merah dengan puncak berwarna cerah. Papula merupakan standarisasi jerawat yang kita kenal selama ini. Selain karena komedo yang tidak mendapat penanganan yang tepat, papula juga biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang bersih, serta kebiasaan memijit komedo. Permukaan komedo yang trekelupas akibat pijitan, akan berbaur bersama kuman dan sel darah putih. Kombinasi antara kuman dan sel darah putih (leukosit) akan menciptakan rasa sakit yang teramat sangat, terutama bila tersentuh.

Cara Mengatasi :
papula merupakan fase awal inveksi kulit, sehingga untuk menyembuhkannya tidak terlalu sulit. Ada beberapa bahan alami yang dikenal ampuh membunuh jerawat, seperti : madu, beras, juga susu. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mengkombinasikan ketiga bahan alami tersebut adalah :
-    siapkan segenggam beras yang sudah tergiling halus.
-    Campurkan dengan madu dan susu.
-    Bbalurkan di seluruh permukaan wajah, termasuk leher.
-    Sebelum dibalur, pastikan wajah dalam kondisi bersih, rileks dan hangat.
-    Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
-    Dalam 20 menit, masker akan mengering.
-    Setelah mengering, bilaslah dengan air hangat, kemudian keringkan dengan kaid shifon agar tidak melukai kulit anda yang berjerawat
Jerawan Fulminanas
Apabila pada tahap papula jerawat tidak bisa teratasi, akan timbul jerawat akut yang disebut jerawat fulminans. Jerawat Fulminanas merupakan fase akhir terbentuknya jerawat dimana ia sudah tidak dapat disembuhkan dengan bahan-bahan herbal, melainkan hanya melalui pengobatan medis. Jerawat fulminans sering kali terjadi karena pada tahap sebelumnya si penderita acap kali tidak sabar untuk “mengisolasi” kulit wajahnya. Mereka tidak mengindahkan pantangan-pantangan seperti jangan menyentuh dan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Bahkan yang lebih parah, ada beberapa stigma negative yang mengatakan facial merupakan cara ampuh mengatasi jerawat. Padahal, treatment-treatment yang berupa pijatan dalam facial hanya akan memperkeruh keadaan. Selain karena pijatan itu dilakukan dengan kasar, juga karena sesungguhnya permukaan berjerawat sama sekali tidak boleh tersentuh.
Demikianlah informasi mengenai Jenis Jerawat dan Cara Mudah Mengatasinya. perlu anda sekalian ketahui, terkadang kita menilai iklan produk kecantikan secara picik, mengapliaksikannya tanpa berfikir ulang berbagai pengaruh yang mungkin terjadi. padahal, cara paling mudah mengatasi jerawat adalah menjaga muka kita tetap dalam kondisi bersih. Gaya hidup sehat akan lebih menolong kita menghilangkan jerawat dibandingkan dengan berbagai merk produk kecantikan yang beredar di pasaran. Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda semua dan apabila anda belum membaca cara menghilangkan bekas jerwat silahkan baca sebagai pedoman anda dalam merawat kecantikan kulit anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar